Video Pembelajaran Tentang Penerapan Sistem Manajemen K3


Media belajar secara visual berupa video-video K3 yang mudah dipelajari dan dipahami sebagai bahan referensi. Semoga bermanfaat.

Have a nice learning with us




Video yang tersedia


Identifikasi Bahaya
Identifikasi Bahaya

Bagaimana caranya melakukan identifikasi bahaya? Simak Video tersebut.

Definisi Bahaya:

Adalah sumber, sesuatu, atau tindakan yang berpotensi menyebabkan cidera pada manusia atau gangguan kesehatan, kerugian material, kerusakan lingkungan

Identifikasi Bahaya:

Adalah: kegiatan/aktivitas/proses mencari dan menentukan sumber, sesuatu, atau tindakan yang berpotensi menyebabkan cidera pada manusia atau gangguan kesehatan, kerugian material, kerusakan lingkungan


Bekerja pada ketinggian
Working on Height

Bagaimana caranya aman ketika bekerja pada ketinggian? Simak Video tersebut.

Ketika anda bekerja pada ketinggian perhatikan potensi bahayanya dan lakukan pengendaliannya agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Contoh pengendaliannya adalah: Ijin Kerja, APD, peralatan bantu, dan safe work practice/ SOP.


Penerapan Rapi di tempat kerja
Rapikan Tempat Kerjamu

Seberapa penting merapikan tempat kerja?. Simak Video tersebut.

Area kerja yang berantakan, tidak tertata, tidak ada mapping penempatan banyak terdapat potensi bahaya tersandung, terjungkal. hal ini jika terjadi kondisi darurat akan beresiko terjadi kecelakaan kerja.

BULAN K3 NASIONAL
BULAN K3 NASIONAL

Simak Video penjelasan selengkapnya dari Ibu Gubernur Khofifah.

Tahun 2020 merupakan momentum yang tepat untuk lebih meningkatkan K3 menjadi budaya di tempat kerja dan menjadikan masyarakat Indonesia mandiri berbudaya K3.

Diharapkan seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendikiawan, organisasi profesi, asosiasi dan lain-lain dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat mendukung pencapaian Target Nihil Kecelakaan Kerja.

Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju kecelakaan nihil guna peningkatan produksi dan produktivitas nasional dapat segera terwujud.

Sukseskan Bulan K3 Nasional 12 Januari s/d 12 Febuari Tahun 2020.


Jatim Darurat Covid-19
Jatim Darurat Covid-19

Simak video penjelasan langsung dari Ibu Gubernur arahan untuk warga Jatim.

Penetapan status tersebut sesuai Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/108/KPTS/013/2020, serta mengacu Keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A/2020. Status keadaan darurat diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Gubernur menghimbau kepada semua masyarakat Jawa Timur khususnya untuk sementara ini tetap di rumah masing-masing. Jika ada keperluan urgent sehingga harus keluar rumah lakukan protokol kesehatan.


Safety Induction
Safety Induction

Bagaimana memberikan safety induction secara verbal? Simak Video tersebut.

Safety Induction harus disampaiakan kepada pengunjung/tamu yang akan melakukan kegiatan/visit ke area pabrik. Isi dari safety induction secara garis besarnya adalah: penjelasan potensi bahaya, kewajiban memakai APD dan selanjutnya adalah penejelsan tentang prosedur kondisi darurat.

Bahaya Fatigue
Bahaya Fatigue

Apa risikonya jika mengangkat bahan melebihi batasnya? Simak Video tersebut.

Melakukan pengangkatan bahan/material secara manual hanya diperbolehkan jika berat yang diangkat tidak melebihi batas yang diijinkan. Gunakan alat bantu angkat-angkut mekanis untuk mempermudah dan menghindari bahaya fatigue.


Pentingnya Pedestrian
Pedestrian

Contoh bahaya jika kegiatan proyek tanpa jalur pedestrian? Simak Video tersebut.

Untuk menghindari potensi bahaya tertabrak lalu lintas alat berat sehingga tidak terjadi kecelakaan kerja terutama pada kegiatan proyek, maka harus disediakan jalur pejalan kaki bagi pekerja menuju dari dan ke tempat kerja/ proyek.


Prosedur Setelah Bekerja
Pastikan Aman

Contoh bahaya jika kita lupa saat pekerjaan telah selesai/ pulang?

Hal-hal yang perlu diperhatikan setelah selesai bekerja (pulang) atau day off. Pastikan: semua peralatan dirapikan, matikan semua power yang tidak digunakan dan pastikan semuanya aman.

Penerapan 5R Office
CONTOH 5R OFFICE

Seberapa rapi meja kerja Anda, simak yuk video sekilas tentang penerapan 5R kantor (good housekeeping program).

Seberapa Rapi meja kerja Anda?

Definisi ringkas adalah membuang semua benda² yang tidak diperlukan. Kegiatan ringkas ini bisa dilakukan setiap hari atau sesuai dengan komitmen Anda. Ketika ringkas sudah dilakukan tenpat kerja lebih terlihat tidak sumpek karena yg ada hanya benda² yang diperlukan saja. Setelah itu melakukan Rapi.

Definisi Rapi adalah setiap benda yang diperlukan ada tempatnya dan ada identifikasinya. Sebagai media untuk menempatkan benda banyak jenisnya seperti: rak, loker, lemari, meja dan sejenisnya. Lakukan kegiatan menempatkan setiap benda yang diperlukan pada tempat yang telah ditentukan, kemudian diberikan identitas. Komitmen Anda untuk melakukan rapi diperlukan.

Setelah Ringkas dan Rapi telah menjadi standar, selanjutnya kegiatan Resik sangat mudah dilakukan. Definisi Resik adalah: membersihkan, dengan membersihkan berarti juga melakukan pengecekan ketidaknormalan dari suatu benda/material/alat/mesin atau dan sebagainya.

Begitulah prinsip 5R, dengan modal hanya R1, R2 dan R3, R4 (Rawat);dan R5 (Rajin) akan mengikut dengan sendirinya jika R123 telah dilakukan.

Seberapa Rapi tempat kerja Anda.


SIMULASI KONDISI DARURAT
SIMULASI KONDISI DARURAT

Prosedur darurat dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika terjadi darurat kebakaran.

Apa yang segera dilakukan jika terjadi kebakaran? prosedur darurat pada umumnya adalah sbb:

  1. Yang pertama kali melihat ada api/ kebakaran segera berteriak "API....,API....API..."
  2. Segera koordinasikan dengan menghubungi nomor telpon penting untuk mendapatkan bantuan, dan kemudian lakukan pemadaman awal dengan APAR tanpa membahayakan diri sendiri.
  3. Setelah menerima laporan Team kondisi darurat segera melakukan tugasnya masing-masing sesuai prosedur darurat.

Prosedur Pekerjaan Panas
HOT WORK (PEKERJAAN PANAS)

Prosedur Pekerjaan Panas, hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

  1. Tidak ada gas test sblm dan selama hot work berlangsung.
  2. Tidak ada inspeksi rutin thd isi dalam tangki , apakah ada bahan mudah terbakar dan lalai utk mengosongkan bahan tsb.
  3. Tidak ada pelatihan terkàit hot work , ijin kerja dan identifikasi potensi bahaya dan resiko.
  4. Fire watcher yg tidak terlatih dan Firex yg tdk tersedia ditempat selama hot work berlangsung.
  5. Tidak memahami Hazardous area classification sesuai API RP 505.
  6. Dan masih banyak lagi penyebab lain.

Poinnya adalah perusahaan wajib harus memiliki peraturan dan prosedure utk pekerjaan yg beresiko tinggi dan beresiko besar , cara nya dengan menerapkan ZERO TOLERANCE SAFETY RULE

Contoh kasus bisa ditonton pada video tersebut, semoga bermanfaat





BelajarK3.Com